Powered by Blogger.

Cara Riset Kompetesi Untuk Search Engine Optimization (SEO)



Ada dua cara untuk mengetahui bagaimana caranya mengetahui kompetisi untuk SEO, yaitu dengan cara manual (gratis) dan menggunakan alat/tools. Saya akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara yang sering saya lakukan untuk Riset kompetisi SEO. Saya menggunakan tools yang bernama Market Samurai.
Market Samurai memang tools berbayar. Harganya sekitar $149.Anda hanya cukup membeli satu kali dan Anda bisa menggunakan tools itu selama lamanya :D .Untuk membeli nya, silakan kunjungi website ini
Menurut saya, Market Samurai merupakan tools yang sangat lunak/vital dalam menjalankan bisnis online.Terutama jika Anda memilih traffic generation dalam bentuk SEO.Melalui Tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana melakukan Riset kompetisi untuk setiap kata kunci yang sudah Anda kumpulkan.

Sebagai contoh kita ambil kata kunci [easy recipes] yang pencariannya paling banyak
Jangan lupa untuk menghilangkan tanda kurung kotak[ ]yang ada pada masing-masing kata kunci 

Sekarang, saya akan menyalin kan kata kunci “Easy Recipes” tadi pada Market Samurai.

Buka Market Samurai, lalu klik “New Project”, kemudian paste-kan kata kunci “Easy Recipes” tadi pada kolom keyword. Kemudian isikan kembali kata kunci pada kolom “Title”.Lalu, anda tentukan targetnya, apakah Amerika, atau indonesia atau negara lainnya.

Setelah meng-klik “Create”, kita akan dibawa ke page Market Samurai selanjutnya. Di halaman itu, teman-teman akan menemukan banyak fitur, tapi dalam pelajaran kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan fitur SEO Competition.
Sekarang, teman-teman tinggal klik fitur ”SEO Competition”, setelah itu teman-teman akan dibawa ke halaman selanjutnya.

Hilangkan centang pada kotak-kotak yang ada pada bagian “Off Page”.Yang perlu Anda centang cukup pada bagian “Page Rank” dan “Page Backlink”. Kenapa yang lain tidak perlu dicentang? Karena yang lain tidak begitu berpengaruh. Setelah itu klik bagian “Generate Result”, tunggu beberapa saat sampai hasilnya muncul. 

Saat Anda melakukan riset kompetisi yang harus diperhatikan pertama kali adalah “Page Rank” yang diwakilkan dengan huruf “PR”.Sementara, alamat-alamat situs berwarna hijau tersebut adalah alamat-alamat situs yang muncul di halaman pertama pencarian Google.

Situs yang berada di urutan pertama tersebut mendapatkan PR 4, yang melakukan Backlink (BLP) hampir mencapai 10.000, kemudian situs tersebut juga memuat “Title” (Easy Recipes) yang ditandai dengan huruf “Y”, begitupun di URLnya juga terdapat kata kunci “Easy Recipes”. Tetapi keterangan-keterangan tersebut bisa teman-teman abaikan.Hal yang harus teman-teman perhatikan adalah keterangan “PR” (Page Rank) dan “BLP” (BackLink Page).
Jika kolomnya berwarna merah berarti akan sulit untuk dikalahkan. Kalau kolom tersebut berwarnakuning artinya sedang, artinya antara susah ditaklukkan dan mudah ditaklukkan. Sementara, kalau warnanya hijau itu artinya mudah, dan seharusnya, teman-teman bisa menaklukkan itu.
Untuk lebih mempermudah, saya akan berikan patokan kepada Anda. Yang perlu Anda hindari adalah situs yang memiliki page rank berada di angka 5 ke atas. Kalau di situs tersebut page ranknya masih di bawah 5, itu artinya masih OK.
Kemudian dengan backlinks, usahakan mencari angka backlinks yang berada di bawah 100.Namun, bisa jadi pula ada situs yang BLP nya di bawah 100, tapi PR nya sudah mencapai 6. Itu juga akan menyulitkan, jadi upayakan untuk melihat secara keseluruhan antara dua kolom vital tersebut (PR & BLP).
Berdasarkan keterangan data dari Market Samurai, kata kunci “Easy Recipes” sudah sulit untuk ditaklukkan.Sekarang kita coba kata kunci “Recipes for Fish”.
Untuk melakukan riset kompetisi kata kunci baru, Anda tinggal klik “New Keyword” pada halaman Market Samurai.Masukkan kata kunci baru Anda kemudian klik “update”.Lalu klik kembali fitur “SEO Competition”. Hilangkan lagi centang pada “Off Page” kemudian centang bagian “Page Rank” dan “Page Backlink” saja. Kemudian klik “Generate Result”.
Perlu diketahui, untuk mengetahui kompetisi sebuah kata kunci itu memang cukup sulit.Anda mungkin harus bolak balik untuk terus mencari kata kunci yang tepat dengan saingan yang sedikit tapi pencarinya banyak.
Lebih baik kita capek di awal daripada mentarget kata kunci yang salah. Itulah mengapa saat awal saya meminta Anda untuk mengumpulkan kata kunci sebanyak mungkin.Karena dari semua kata kunci tersebut, mungkin yang “berhasil” hanya beberapa.Anda harus mencari dan terus mencari kata kunci yang pencarinya banyak tapi saingannya sedikit. Ingat, kata kunci = pondasi awal bisnis online Anda. Jangan mudah menyerah untuk mendapatkan ‘golden keyword’ Anda.Jika Anda sudah menemukan kata kunci yang “berhasil”, maka tampilannya akanseperti di bawah ini:

Anda lihat banyak warna hijau pada setiap kolom, bukan?Nah kata kunci seperti inilah yang Anda inginkan!

Berdasarkan riset sebelumnya, kata kunci “Recipes for Fish” dicari oleh 1000 pengunjung Google setiap bulannya.

Angka 1000 itu terhitung lumayan.Kalau Anda memiliki7 kata kunci yang pencarinya banyak atau lumayan tapi saingannya sedikit seperti di atas, akan sangat masuk akal jika situsAnda mendapatkan ribuan pengunjung setiap bulan. Dari ribuan orang ini, jika produk Anda tepat, maka Anda pun bisa mulai menghasilkan penjualan!
Nah, oleh sebab itu, Andaharus mencari dulu kata kunci yang tepat agar bisa menguasai ranking disearch enginedengan menggunakan tahapan-tahapan menggunakanMarket Samurai tadi.
Patokannya mudah, cari kata kunci yang memiliki saingan kecil dengan PR (page rank) di bawah 5 dan BLP (backlink) dalam range 100 atau kurang.
Hal yang biasa sering saya lakukan adalah, jika kolom pertama hingga keempat berwarna kuning, maka kata kunci tersebut tidak akan saya buat. Meskipun kolom bawahnya berwarna hijau.Saya baru akanambil kata kunci untuk target saya jika kolom pertama hingga keempatberwarna hijau.
Untuk membeli Market Samurai, bisa Anda lakukan lewat link ini: www.MarketSamurai2.com  ($149 – satu kali).

Riset Kompetisi Secara Manual
Bagi Anda yang belum memiliki dana, Anda bisa melakukan pengecekkan kompetisi dengan cara manual, meskipun memang tidak akan seefektif ketika Anda menggunakan tools bantu seperti Market Samurai.
Untuk cara manual, cara yang bisa Anda lakukan adalah pergi ke Google.Ketikkan kata kunci disertai tanda kutip (“) di awal dan akhir. Klik Search, setelah itu Andaakan melihat berapa banyak jumlah web yang memuat kata kunci serupa. 

Jumlah tersebut memang tidak memperlihatkan jumlah backlink dan PageRank nya.Yang Anda lakukan di sini adalah memperhatikan jumlah hasil pencariannya.
Bagi mereka yang melakukan dengan cara manual, Anda bisa membuat patokan, misalnya, targetlah kata kunci yang berada di bawah angka 50.000.Bahkan jika memungkinkan di bawah 10,000.Lebih sedikit hasil pencarian itu menunjukkan sedikit saingan.Hindari mentarget kata kunci yang hasil pencariannya besar.

Apakah cara manual efektif ?Ya dan tidak,bisa jadi . Dengan cara manual Anda memang mungkin akan kehilangan kata kunci yang potensial. Karena bisa jadi saat dicek menggunakan tools seperti market samurai, kata kunci yang hasil pencariannya banyak ternyata warnanya ‘hijau’ atau sebaliknya.

Itulah mengapa ada pengorbanan yang memang harus dibayarkan untuk mendapatkan kemudahan. Namun jika dana Anda terbatas, tidak ada salahnya Anda lakukan cara manual di atas, karena itu pun masih bisa dilakukan dan bisa memberikan hasil.

Thanks :)
1 Komentar untuk "Cara Riset Kompetesi Untuk Search Engine Optimization (SEO)"

Back To Top